RSS

Wisata Pegunungan Dieng

Wisata Pegunungan Dieng

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 15—20 °C di siang hari dan 10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata Bahasa Kawi: "di" yang berarti "tempat" atau "gunung" dan "Hyang" yang bermakna (Dewa). Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Teori lain menyatakan, nama Dieng berasal dari bahasa Sunda ("di hyang") karena diperkirakan pada masa pra-Medang (sekitar abad ke-7 Masehi) daerah itu berada dalam pengaruh politik Kerajaan Galuh.



Obyek Wisata Dieng Plateau terletak di 2 wilayah Kabupaten, yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Dieng Plateau tak hanya menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang eksotik, tetapi juga menyimpan misteri peradaban sejak ratusan tahun silam. Bahkan diduga Dieng Plateau merupakan mata air peradaban bangsa Indonesia. Peninggalan sejarah berupa candi, menjadi bukti bahwa di tempat itu pernah berkembang sebuah peradaban yang sangat tinggi.

Wisata Dieng Plateau akan menyuguhkan sebuah pengalaman menarik karena Dieng Plateau menyimpan segudang potensi wisata yang tidak ada duanya di Indonesia. Potensi wisata alam di daerah pegunungan yang dipadukan dengan wisata budaya, sejarah, serta mistik. Selain obyek wisata alamnya yang beragam, di kawasan Dieng juga telah tersedia berbagai sarana wisata yang bisa manfaatkan sebagai wisata pendidikan, seperti: Dieng Plateau Theater, Museum Kailasa Dieng, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), Pos Pengamatan Gunung Api, Industri pengolahan buah Carica (buah khas Dieng Plateau), Pabrik penyulingan air mineral pertama di Indonesia (AQUA) dan Pabrik teh Tambi sebagai icon agrowisata Wonosobo.





Belum habis membicarakan potensi wisata Dieng Plateau, pemandian air panas bisa Anda manfaatkan untuk menghangatkan tubuh. Tak kalah menariknya, anak-anak Dieng yang berambut gembel merupakan fenomena sosial sekaligus mistis yang akan meninggalkan rasa penasaran. Satu lagi primadona baru wisata Dieng Plateau, Golden Sunrise – Silversunrise, sebuah fenomena alam yang tidak akan pernah Anda temukan selain di Dieng Plateau.


Hanya Dieng Plateau yang memadukan berbagai potensi wisata dalam satu wilayah. One stop travel! Dalam paket wisata Wieng Plateau. Tak salah jika di tempat yang di juluki sebagai bumi kahyangan atau negeri di atas awan serta daerah yang menyimpan 1001 keindahan ini, dipilih sebagai tempat rekreasi favorit untuk Anda, sekaligus sebagai tempat wisata yang menantang bagi para peneliti dan petualang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment