RSS

Danau Biru Singkawang

Danau Biru Singkawang

Lokasi Danau Biru ini dari pusat psat Kota Singkawang kurang lebih 6 km. Jika ingin ke Danau Biru bisa mnggunakan sepeda motor ataupun mobil sekitar 30 menit bisa sampai ke Danau Biru dari Pusat Kota Singkawang. Jika dari Roban, lewat jalan Veteran masuk Wonosari kemudian melewati SMP Negeri 13 Singkawang serta BTN, kemudian melewati TPS (Tempat Pembuangan Sampah).

Dari tepian danau ini, ke arah tenggara, kita biaa menikmati deretan panjang pegunungan pasi raya yang salah satu puncaknya disebut gunung Poteng. Pegunungan yang menawan bak benteng alami ini membatasi Singkawang dan kabupaten Bengkayang.

Dan dari kasat mata danau ini memang unik. Warna biru yang kontras ditengah pada ilalang dan semak belukar di tengah bentang alam yang gersang dengan warna pasir putih, dikejauhan tampak batas hutan dan kebun sawit dalam radius 2-3 kilometer dari kawasan ini.

Dari sini (Danau Biru) anda dapat menyaksikan pemandangan yang sangat natural, indah dengan langit yang membiru (Lazuardi) dan air yang biru pula. Padang rumput yang menghijau, kebun sawit yang rindang dan tertata dengan rapi, pegunungan yang hijau, padang pasir yang bergunduk-gunduk, bebatuan yang terbentuk oleh air hujan, dan lain-lainnya.

Danau yang airnya bewarna biru sebenarnya merupakan bekas tambang emas illegal beberapa tahun yang lalu. Sekarang tempat ini tidak lagi diusahakan dan berubah menjadi danau yang airnya biru. Sebenarnya semua itu dampak dari kerusakan alam yang menghasilkan pemandangan yang indah.






Jika ingin ke Danau Biru tidak membutuhkan biaya yang cukup besar, biaya yang digunakan kurang lebih Rp. 2.000,00 sampai dengan Rp.5.000,00. bensin 1 liter juga cukup, dan uang parkir sekitar Rp. 2.000,00 (dua ribu rupiah).



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment