RSS

Bukit Batu Kasongan

Bukit Batu Kasongan

Keindahan panorama alam di beberapa daerah di Provinsi Kalteng diketahui sangat menjanjikan untuk kegiatan pariwisata lokal maupun mancanegara. Salah satunya adalah kawasan Bukit Batu, yang terletak di perbatasan Kasongan Kabupaten Katingan dan Kota Palangka Raya.

Keunikannya terlihat dari batu besar yang tersusun rapi secara alami sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke lokasi tersebut. Bukit Batu ini merupakan tempat pertapaan Tjilik Riwut.

Banyak  wisatawan domestik yang berkunjung ke objek wisata Bukit Batu dengan luas lahan sekitar 6,5 hektare tersebut. Lokasi ini kini di kelola Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut bukan hanya warga katingan atau kabupaten lainnya di Kalteng, tapi juga wisatawan dari berbagai Negara karena tanpa dipungut biaya alias gratis.

Bukit Batu biasa dikunjungi oleh masyarakat pada saat hari liburan. Apabila hari libur hari-hari tertentu seperti Idul Fitri dan hari besar lainnya pengunjung yang datang hampir ribuan. Biasanya pengunjung hanya ditarik biaya parkir Rp1.000.

Apabila dilihat dari kejauhan tampak sekali bukit batu yang menjulang tinggi sehingga terlihat seperti gunung batu. Halamannya pun luas dengan dilapisi rumput hijau yang segar sehingga terlihat sejuk.

Selain itu, di Bukit Batu juga di lengkapi denga warung-warung kecil yang berada dekat dengan kolam pemandian tempat para bidadari mandi, sehingga para pengunjung yang datang bias beristirahat sambil minum dan makan.

Suasana di Bukit Batu sangat sejuk dan dingin apabila berada di atas, sangat terasa sekali hembusan angin yang alami sehingga seketika dapat menghilangkan lelah saat di perjalanan menuju Bukit Batu.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment